Sanggul Daerah Jawa Barat

SANGGUL CIWIDEY
Sanggul ciwidey adaalah sanggul yang biasa dipakai oleh masyarakat Sunda. Sedangkan nama ciwidey adalah nama sebuah kota disebelah selatan kota Bandung. Pada masa kejayaan kerajaan Sumedang, bentuk sanggul ini dinamakan sanggul Pasundan/ sanggul kesundaan/ sanggul kebesaran yang dipakai oleh kaum bangsawan sampai rakyat biasa. Hingga sekarang sanggul ini tetap dipakai oleh berbagai kalangan hanya saja lebih dikenal dengan sanggul ciwidey. Dilihat dari bentuknya, masyarakat sunda mengidentikkan dengan huruf arab, yaitu huruf alif dan nun atau biasa dikatakan alif pakait sareng nun. Penggunaan sanggul ini diletak tepat ditengah kepala bagian belakang, dan bagian depan sanggul sampai batas tumbuh rambut/ hairline bagian bawah. Penataan bagian depan ada sunggaran bentuk bulat atau biasa disebut jabing. Dan menggunakan perhiasan berupa cucuk gelang, dari emas atau perak untuk kaum bangsawan dan terbuat dari tanduk biasa digunakan oleh masyarakat biasa.
Aksesoris 2 buah cucuk gelung, yang diletakkan pada tengah sanggul bagian kiri kanan. Alat bahan: a) sisir sasak b) sisir penghalus c) jepit bebek besi d) jepit hitam e) harnal baja f) harnal halus g) karet gelang h) hair net i) hair spray j) cemara rambut 90-100 cm
Cara pembuatan:
a. setelah rambut dipratata, rambut dalam keadaan kering, rambut dibagi menjadi dua bagian , bagian depan dan belakang.
b. Bagian depan rambut disasak dan dibentuk jabing/ sunggaran, yang berbentuk membulat.
c. Rambut bagian belakang diikat setinggi 5-7 jari dari batas pertumbuhan rambut bagian bawah (hair line) dan tambahkan cemara rambut, satukan dengan rambut asli pilin dan sisir hingga rapi.
d. Letakkan tangan kiri di bawah cemara kemudian tangan kanan memutar cemara pada tangan kiri. Putaran cemara rambut hanya sebatas pertumbuhan rambut bagian belakang (hairline).
e. Setelah semua terputar tekan tangan kiri pada bagian pangkal rambut, sehingga pangkal rambut mencuat keluar dan putaran rambut sisinya akan mengikat tengah rambut sedemikian rupa, sisa rambut diselipkan di belakang konde.

f. Rapikan ukel tersebut, ukel dapat ditarik-tarik sehingga sisi rambut kiri kanan dapat terlihat dari depan melalui leher. Dan bagian atas dapat sejajar dengan sunggar ataupun sasakan bagian atas.
For bun messages totaling 8 pcs and above, the process of making the longest is 1 week, because the bun is made directly from the craftsmen.

Untuk pemesanan sanggul berjumlah 8 pcs keatas, proses pembuatan terlama adalah 1 minggu, karena sanggul dibuat langsung dari pengrajinnya.
Pesanlah sanggul dengan ukuran panjang dan lebar sesuai keinginan anda (tergantung jenis kepala anda), sehingga penampilan yang terbaik akan anda dapatkan.
Cek :