Sanggul daerah Manado

Sanggul Manado / Pingkan
diambil dari IG @karena.makeup

diambil dari IG @voletta_makeup




SANGGUL PINGKAN
SANGGUL PINGKAN Propinsi Sulawesi Utara terdiri dari beberapa daerah, yang masing-masing masyarakatnya mempunyai pakaian adat dan sanggul yang khas. Menjelang akhir abad ke 17, yaitu tahun 1690, di Tanah Wangko, salah satu tempat di Minahasa, ada seorang gadis keturunan Walian Ambowailan (ambelan), yang bernama Pinkan Mogoghunoi. Gadis itu mempunyai rambut yang sangat panjang hingga mencapai lantai. Rambut itu selalu dikepang (dicako). Pada saat-saat tertentu, rambutnya dikonde atau ditaldimbu kun (bahasa Tombulu) atau diwulu’kun (bahasa Tontemboan). Jadi, kreasi konde ini berasal dari seorang gadis yang bernama Pinkan, yang kemudian pada abad ke 19 ini makin disempurnakan. Aksesoris Sekuntum bunga mawar yang warnanya disesuaikan dengan warna pakaian
Alat dan bahan: a) sisir sasak b) sisir penghalus c) jepit bebek besi d) jepit hitam e) harnal baja f) harnal halus g) karet gelang h) hair net i) hair spray j) cemara rambut 90-100 cm

cara pembuatan:
  •  1) sasak seluruh bagian rambut hingga agak mengembung, yang besarnya disesuaikan bentuk wajah serta badan
  • 2) sisir semua ke arah belakang, hingga tengkuk
  •  3) pada bagian hairline belakang rambut dibagi menjadi dua bagian kiri dan kanan, ikat
  •  4) apabila rambutnya panjnag kepanglah rambutnya, apabila rambutnya pendek pasangkan kepangan rambut, ikat kuat
  •  5) putarkan kepangan tersebut , membentuk pusaran rambut, lakukan pada bagian lainnya
  •  6) kencangkan dengan harnal dan jepit, rapikan dengan hair spray
  •  7) pasangkan bunga mawar di sebelah kiri 8) putaran kepangan rambut akan terlihat dari depan

For bun messages totaling 8 pcs and above, the process of making the longest is 1 week, because the bun is made directly from the craftsmen.

Untuk pemesanan sanggul berjumlah 8 pcs keatas, proses pembuatan terlama adalah 1 minggu, karena sanggul dibuat langsung dari pengrajinnya.
Pesanlah sanggul dengan ukuran panjang dan lebar sesuai keinginan anda (tergantung jenis kepala anda), sehingga penampilan yang terbaik akan anda dapatkan.
Cek :